Wasir Pada Balita

Wasir Pada Balita Penyakit Wasir image 4

Wasir Pada Anak-anak dan Balita

Meskipun wasir pada anak bukanlah kondisi kesehatan yang sangat serius, hal ini bukan merupakan gangguan kesehatan pada anak-anak yang umum terjadi dan kondisi ini biasanya menimbulkan gejala dan menjadi penyebab kondisi kesehatan yang lebih serius pada pasien anak. Wasir, seperti kita yang ketahui yaitu meradangnya pembuluh darah yang muncul dari dan di sekitar bantal wasir yang mempengaruhi fungsi saluran anal. Ketika salah satu pembuluh darah besar yang mengalir melalui daerah ini berada di bawah tensi yang cukup, lapisan vena membengkak dan menarik beberapa jaringan.

Wasir pada balita

Baik pasiennya adalah anak atau orang dewasa, wasir terjadi di bagian dalam saluran anus, jika terjadi di atas lapisan tersebut, maka disebut wasir internal. Jika, di sisi lain, peradangan pada pembuluh darah dimulai dari bagian bawah lapisan, itu adalah wasir eksternal. Pembukaan sebenarnya dari saluran dubur disebut ambang anal dan panjangnya adalah sekitar 2 cm memanjang ke dalam saluran dari ambang anal. Alasan utama bahwa saluran ini sangat penting karena menandai awal dari sebuah saluran besar dan menerima ujung saraf yang membantu untuk mengatur daerah anus. Karena mereka adalah tempat terdekat dengan ujung saraf, wasir internal biasanya tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali, kecuali jika mereka muncul ke luar. Namun, karena lokasi sakitnya, anak-anak penderita wasir eksternal biasanya lebih rentan terhadap rasa sakit dibandingkan orang dewasa.

Wasir pada anak

Penyebab Wasir Anak

Ada kemungkinan penyebabnya berbeda-beda pada anak penderita wasir, bervariasi dari sembelit sampai dengan kondisi kesehatan yang lebih serius seperti penyakit Crohn yang merusak usus besar yang paling bawah, menyebabkan lama duduk di toilet saat buang air besar karena tegang. Walaupun ada beberapa diketahui penyebabnya namun biasanya normal. Wasir pada anak adalah sangat langka, jadi ketika anak anda memiliki wasir, sangat perlu untuk berkonsultasi dengan dokter anak anda atau dokter keluarga untuk diagnosa yang tepat. Sementara orang dewasa mungkin menyadari bahwa sembelit adalah penyebab utama wasir (jika anda tidak hamil), anak-anak biasanya tidak menderita masalah ini.

Penyebab wasir anak

Salah satu penyebab lebih parah dari wasir anak disebabkan hipertensi portal yang berarti bahwa ada kemunduran tekanan dalam pembuluh darah portal yang mengandung darah berasal dari saluran pencernaan ke hati. Sebuah kondisi medis yang merusak hati biasanya menyebabkan gejala pertamanya melalui pembuluh darah atau hipertensi portal. Penyakit Crohn, yaitu suatu kondisi kronis (jangka panjang) pembengkakan perut, juga merupakan kemungkinan penyebab wasir anak. Masalah ini harus berkonsultasi dengan dokter anak, terutama pada bayi yang tidak dapat berkomunikasi dengan jelas. Penyebab utama dari wasir di kalangan anak-anak dan bayi adalah sembelit, dan salah satu penyebab utama sembelit adalah dehidrasi.

Dokter anak untuk mengatasi wasir pada balita

Dehidrasi dapat mengancam nyawa. Hal ini adalah sebuah kondisi berbahaya, karena anatomi anak, sehingga bekerja lebih cepat pada anak-anak, yang tidak memiliki jenis pembuangan tubuh seperti yang kita gunakan untuk mengurangi kondisi di saat kita dehidrasi, terkena sengatan matahari dan hipotermia.

Jenis Wasir

Wasir dapat dibagi menjadi 2 yaitu wasir luar dan dalam. Wasir dalam dibagi menjadi 4 derajat untuk menilai tingkat keparahannya yaitu :
Stadium 1, terjadi perdarahan tetapi tidak ada tonjolan rektum.
Stadium 2, terjadi tonjolan rektum tetapi bisa masuk kembali dengan sendirinya.
Stadium 3, terjadi tonjolan rektum tetapi bisa masuk kembali dengan bantuan tangan.
Stadium 4, terjadi tonjolan rektum disertai dengan bekuan darah dan tonjolan ini menutupi muara anus.

Wasir stadium 4

Sedangkan untuk wasir eksternal, gejalanya tidak separah wasir dalam terutama masalah nyeri dan perdarahan. Mungkin karena letaknya yang dibawah klep anus sehingga gejala yang timbul tidak mempengaruhi fungsi dari anus.