Wasir Luar

Wasir Luar Penyakit Wasir image 2

Penyebab dan Pencegahan Wasir Luar

Wasir luar yang menyerang pada salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting. Wasir luar yaitu suatu peyakit yang memyerang anus atau bibir anus ketika terjadi pembengkakan jaringan yang disebabkan karena adanya pelebaran pembuluh darah vena yang berada pada dinding rektum dan anus. Gejala umum awal mula timbulnya wasir luar adalah rasa gatal, perasaan tidak nyaman saat duduk atau buang air besar. Kurang lebih 70 persen manusia dewasa mempunyai wasir, baik wasir dalam, wasir luar maupun keduanya. Namun tidak semua penderita wasir luar ini memerlukan pengobatan. Hanya sebagian kecil saja yang memerlukan pertolongan medis, yakni mereka yang mengeluhkan pendarahan, adanya tonjolan dan gatal-gatal.

Wasir Luar

Penyebab wasir luar sebenarnya sederhana, yakni saat susah buang air dipaksakan mengeluarkan kotoran. Penyebab susah buang air ini adalah kurang minum, kurang makan serat, kurang olah raga atau banyak duduk dan mengangkat yang berat-berat.

Penyebab Kemunculan Wasir Luar

Penyebab wasir luar sebenarnya masih tidak jelas. Meski penyakit ini dihubungkan dengan peningkatan tekanan darah dalam pembuluh darah yang berada di anus dan sekitarnya. Sebagian besar kondisi ini disebabkan terlalu lama mengejan saat buang air besar. Konstipasi jadi penyebab utama dari orang mengejan. Biasanya akibat dari kekurangan nutrisi serat di dalam makanan.

Kelebihan berat badan penyebab wasir luar

Beberapa hal yang meningkatkan risiko anda terkena hemoroid:

  • Berusia lebih dari 45 tahun
  • Kelebihan berat badan
  • Memiliki riwayat kesehatan keluarga yang sakit hemoroid
  • Sedang hamil

Pencegahan Wasir Luar

Anda dapat mencegah terjadinya wasir luar dengan mencegah sembelit dan berusaha untuk buang air besar. Beberapa diet berikut dapat membantu anda untuk melunakkan tinja sehingga anda tidak terlalu mengejan yang bisa menyebabkan wasir:

Diet buah untuk mencegah wasir luar

  1. Sertakan lebih banyak serat dalam diet anda – buah segar, sayuran, dan roti gandum dan sereal merupakan sumber serat yang baik.
  2. Minumlah cukup jumlah cairan – 6 sampai 8 gelas air setiap hari.
  3. Berolahraga secara teratur
  4. Jangan regangan atau duduk di toilet dalam waktu yang lama.
  5. Gunakan lap yang lembut, seperti lap bayi, untuk meringankan rasa sakit.
  6. Jika aktivitas pekerjaan utama anda adalah duduk, selalu berdiri atau berjalan selama waktu istirahat anda.
  7. Buatlah titik untuk berdiri dan berjalan setidaknya 5 menit setiap jam dan sering mencoba bergeser di kursi anda untuk menghindari tekanan dubur secara langsung.
  8. Hindari mengangkat beban yang berat, karena hal ini dapat memberikan tekanan pada pembukaan dubur.

Mencegah Hemoroid

Perubahan Gaya Hidup Untuk Mengatasi Wasir Luar

Gejala wasir luar bisa menghilang setelah beberapa hari tanpa penanganan. Wasir luar yang muncul pada masa kehamilan akan menghilang dengan sendirinya setelah anda melahirkan. Tapi membuat perubahan gaya hidup untuk mengurangi nyeri pada pembuluh darah anus dan sekitarnya sangat disarankan. Perubahan gaya hidup yang dimaksud adalah:

  • Meminum banyak air putih. Kurangi mengonsumsi kafein dan minuman keras.
  • Menambah asupan serat di dalam makanan: buah, sayuran, beras merah atau cokelat, biji-bijian, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh.
  • Tidak menunda untuk buang air besar. Sebaliknya, jika mengabaikan dorongan untuk buang air besar, bisa membuat tinja keras dan kering hingga memaksa kita harus mengejan saat buang air besar.

Olahraga secara teratur penanganan hermoid

  • Berolahraga secara teratur: Bisa mencegah terjadinya konstipasi, menurunkan tekanan darah dan membantu menurunkan berat badan.
  • Menurunkan berat badan.
  • Menghindari obat-obatan yang menyebabkan konstipasi seperti obat pereda rasa sakit yang mengandung kodein.