Tips Mencegah dan Mengobati Asam Lambung Naik

Madu

Mencegah naiknya asam lambung memang sangat perlu untuk dilakukan, Gejala penyakit asam lambung dapat dicegah dan diatasi. Asam lambung dapat naik dari perut menuju kerongkongan karena di dalam lambung terjadi banyak peningkatan zat asam yang berlebihan. Akibatnya nyeri disekitar dada akan menyebabkan tidak nyaman, disertai juga rasa mulut yang tidak enak.

Obat-obatan untuk mengurangi asam lambung naik sebenarnya banyak sekali di temukan di toko-toko apotik tanpa harus menggunakan resep dokter. Akan tetap jika kita masih bisa mencegah dan mengobati asam lambung secara alami, mengapa harus minum obat kimia yang dampaknya kurang bagus untuk kesehatan tubuh. Dibawah ini adalah tips mencegah dan mengobati asam lambung naik dengan resep tradisional:

1. Mengkonsumsi Makanan dan Minuman yang dapat Mencegah Asam Lambung Naik:

  • Oatmeal

Oatmeal

Oatmeal adalah menu sarapan terbaik untuk mengurangi kenaikan asam lambung. Selain untuk serapan, Anda juga dapat mengonsumsi oatmeal sebagai menu camilan sehat Anda.

  • Cuka sari apel

Cuka sari apel

Cuka sari apel dianggap sebagai pengobatan yang efektif untuk mengatasi asam lambung di perut. Hal ini disebabkan karena cuka sari apel mengandung enzim dan asam sehat yang membantu dalam menetralkan asam lambung.

  • Teh chamomile

Teh chamomile

Teh chamomile adalah salah satu jenis teh herbal yang baik untuk melawan asam lambung di perut. Mengkonsumsi secangkir teh chamomile hangat sangat baik untuk mencegah penyakit asam lambung.

2. Mengkonsumsi Buah-buahan yang dapat Mencegah Asam Lambung Naik

  • Mangga

Mangga

Mangga yang banyak di jumpai di pasar atau di pohon tetangga merupakan buah yang manis Karena terdapat antioksidan dan anti inflamasi yang berfungsi pada lambung untuk menjaga lapisan perut lambung yang kadar asamya kecil.

  • Mentimun

Mentimun

Buah mentimun adalah buah lalapan yang sering di makan oleh banyak orang. Buah mentimun berfungsi untuk mengurangi panas dalam tubuh dan juga bisa mengobati nyeri perut yang di sebabkan karena kelebihan asam pada lambung.

3. Mencegah Asam Lambung dengan Mengurangi Karbohidrat.

Mengurangi makanan yang mengandung gula dan makanan tinggi karbohidrat bisa mengurangi gejala asam lambung naik. Sebuah studi penelitian menyimpulkan bahwa karbohidrat sangat berperan memicu asam lambung dibandingkan dengan kopi ataupun lemak.

4. Mencegah Asam Lambung dengan Cukup Tidur dan Mengurangi Stress.

Tidur

Orang yang sering bergadang pada malam hari cenderung lebih rentan mengalami asam lambung naik. Maka dari itu pastikan dan usahakan agar anda tidur dengan cukup setidaknya 7-9 jam setiap hari secara teratur. Selain kurang tidur, stress juga dapat memicu terjadinya berbagai macam penyakit, seperti hipertensi dan termasuk juga asam lambung tinggi.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Air Putih

Dehidrasi atau disebut juga dengan kekurangan cairan dalam tubuh dapat mempengaruhi peningkatan asam lambung tinggi. Akan tetapi terlalu banyak minum juga membuat lambung cepat penuh dan berakibat naiknya produksi asam lambung. Maka dari itu kita harus dapat mengontrol asupan air yang masuk ke dalam perut saat kita sedang minum. Contohnya seperti minum air satu jam sebelum makan.

Demikianlah tips mencegah dan mengobati asam lambung yang naik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari cara untuk mencegah dan mengobati asam lambung tinggi.