Penyakit Asam Lambung Naik

Lambung

Makanan yang biasanya masuk ke dalam lambung melalu suatu saluran yang sempit disebut dengan kerongkongan. Dinding dari lambung ini memproduksi cairan yang disebut juga dengan asam lambung. Asam lambung naik dan turun ini bisa dipengaruhi karena kadar lemak yang ada pada protein yang masuk. Dan semakin tinggi kadar lemak, maka semakin rendah dari pH-nya atau semakin asam. Dan derajat dari keasaman lambung yang maksimal bisa didapat dari daya tahan asam lambung pH 2,0. Dibawah dari ph 2,0 asam lambung tidak bisa untuk memproduksi dari enzim protein yang dapat mencerna.

makan

Asam lambung ini mempunyai fungsi dalam mematikan suatu bakteri penyakit yang bisa dibawa masuk oleh makanan yang sudah terkontaminasi, kemudian menstabilkan zat gula dari penguraian yang sebelumnya dan bisa membantu dalam merangsang produksi dari enzim pencerna protein tersebut. Dalam kondisi yang normal, konsentrasi dari gejala asam lambung dan juga aktivitas enzim yang ada pada lambung kemudian akan meningkat dan bisa mencapai puncaknya dalam maksimal setiap 4 jam setelah makan dan setelah itu menurun di jam berikutnya.

maag

Makanan yang tertahan kurang lebih dari 4 jam tersebut yang berada di lambung bisa menurunkan fungsi dari asam lambung, sehingga sebagian makanan yang ada tidak tersentuh dengan asam lambung. Lamanya asam lambung dapat menahan beberapa jenis makanan ini berbeda-beda. Makanan yang tinggi dengan zat pati biasanya sekitar 3 jam, tinggi dari proteinnya sektar 4 jam, dan tinggi lemaknya sekitar 6 jam. Asam lambung naik disebut dengan penyakit maag.

Makanan yang berlemak

Sakit maag juga bisa berupa suatu luka yang ada di dalam kerongkongan yang disertai dengan rasa panas, kemudian membuat mulut menjadi pahit dan sering bersendawa. Hal ini disebabkan karena banyak mengonsumsi makanan yang berlemak dan sedikit kadar seratnya. Pola makan yang kurang baik juga bisa menyebabkan suatu klep yang ada dikerongkongan dan bisa menimbulkan rasa yang tidak nyaman jika asam lambung naik menuju kerongkongan.

Terlalu banyak makan

Sedangkan Lambung adalah organ lentur yang mudah memuai jika sudah kepenuhan. Volume makanan yang ideal untuk lambung manusia dewasa rata-rata adalah seperempat liter. Daya tahan muai lambung bisa mencapai satu setengah liter dengan konsekuensi perut menjadi sesak dan tidak nyaman. Jika dijadikan suatu kebiasaan, lama kelamaan elastisitas otot perut akan menurun dan perut menjadi kendur. Terlalu banyak makanan dalam lambung juga dapat mengakibatkan sebagian makan tidak tersentuh asam lambung.