Operasi Ambeien

Operasi Ambeien Penyakit Wasir image 2

Beberapa Tingkatan Wasir Atau Ambeien

Dalam dunia medis, ambeien memiliki beberapa tingkatan yang disebut sebagai stadium. Hal itu berlaku untuk ketentuan dilakukannya operasi ambeien. Ambeien dibagi menjadi 4 tingkatan atau stadium, yaitu stadium 1, dalam hal ini kondisi dubur dimana terkadang mengeluarkan darah serta rasa gatal, dan panas saat buang air besar. Stadium 2 yaitu kondisi dubur yang menonjol keluar dapat teraba akibat pembengkakan, namun tonjolan tersebut dapat masuk sendiri kembali kedalam dubur jika terjadi kontraksi. Stadium 3 yaitu tonjolan yang keluar dari dubur saat buang air besar hanya dapat dimasukkan kembali jika dibantu dengan jari karena jaringan penyokongnya sudah sangat longgar. Stadium 4 yaitu tonjolan sama sekali tidak bisa masuk lagi atau sifatnya permanen, orang yang telah mengalami stadium ini akan sangat kesakitan karena jaringan terjepit dan darah yang tinggal didalam menggumpal.

ambeien stadium 4

Operasi Wasir Yang Dilakukan

Ada dua macam operasi ambeien yang dilakukan yaitu dengan cara standar dan cara menggunakan laser.Biasanya dengan tindakan operasi standar akan menggunakan pisau bedah sebagai mana biasanya, namun untuk laser akan menggukan sinar. Namun dengan sinar laser tidak sepenuhnya memberikan keuntungan sebab disamping harganya yang mahal, rasa sakitnya tidak hilang.

Operasi Wasir Dengan Diatermi Hemoroidektomy

Cara semacam ini yaitu operasi yang dilakukan dengan cara pengangkatan ambeien dengan alat yang bersuhu tinggi. Teknik ini bisa mengurangi rasa sakit saat buang air besar dan setelah operasi. Namun memakan waktu selama enam hingga delapan minggu. Selain itu akan membuang jaringan yang membuat pembengkakan terjadi, sehingga ambeien dapat disembuhkan. Operasi ambeien tergantung jenis tingkatan atau stadium yang diderita.

Operasi Ambeien

Stapled Hemorrhoidopexy

Juga dikenal dengan istilah stapling. Ini adalah pilihan lain selain hemoroidektomi konvensional. Prosedur ini dilakukan untuk menangani hemoroid yang menggantung di luar anus. Langkah ini dilakukan dengan pembiusan umum, tapi prosedur ini jarang dilakukan karena memiliki risiko komplikasi yang serius.

Pada saat operasi, bagian dari anorektum atau bagian terakhir dari usus besar akan dijepit atau di-staple. Dengan begitu, kemungkinan hemoroid untuk menggantung di luar anus menjadi lebih kecil. Selain itu, pasokan darah ke hemoroid juga berkurang. Ini berakibat pada penyusutan hemoroid.

Waktu pemulihan prosedur penjepitan ini lebih cepat dari hemoroidektomi. Anda juga bisa kembali bekerja lebih cepat, yaitu sekitar tujuh hari setelah pelaksanaan operasi. Prosedur ini juga cenderung tidak terlalu menyakitkan. Tapi setelah penjepitan ini, lebih banyak pasien yang mengalami hemoroid yang menggantung di luar anus jika dibandingkan setelah operasi hemoroidektomi.

Stapled hemorrhoidopexy

Risiko Yang Bisa Muncul Pasca Operasi Ambeien

Komplikasi bisa muncul setelah operasi ambeien, tapi risiko munculnya kondisi serius cukup kecil. Berikut ini adalah beberapa risiko yang mungkin terjadi:

  • Kehilangan kontrol dalam membuang air besar
  • Fistula ani. Saluran kecil yang muncul antara anus dan permukaan kulit, di dekat anus.
  • Retensi urin. Kesulitan dalam mengosongkan kandung kemih.
  • Stenosis atau penyempitan lubang anus. Risiko tertinggi munculnya stenosis adalah hemoroid yang berada pada lingkaran dinding lubang anus.
  • Pendarahan atau mengeluarkan gumpalan darah saat buang air besar. Biasanya muncul kurang lebih tujuh hari setelah operasi.
  • Ini berisiko munculnya abses atau tumpukan nanah. Anda akan diberikan antibiotik untuk mengurangi risiko infeksi.

Risiko Yang Bisa Muncul Pasca Operasi Ambeien

Masalah-masalah di atas bisa diatasi dengan pengobatan atau operasi lanjutan. Tanyakan risiko yang mungkin terjadi pada dokter bedah, sebelum anda memilih untuk melakukan operasi.

Gejala yang muncul pasca operasi ambeien:

  • Rasa nyeri bertambah parah atau pembengkakan di sekitar anus.
  • Bermasalah dalam buang air kecil.
  • Pendarahan berlebihan.
  • Demam

Gejala yang muncul pasca operasi ambeien