Obat Sakit Maag Tradisional

Biji Pala

ramuan tradisional obat sakit maag

Sakit maag akan sembuh jika ditangani sesuai dengan penyebab yang mendasarinya. Sangat penting untuk mengetahui dan mengatasi penyebab dasar sakit maag. Obat sakit maag yang biasanya disarankan untuk mengobati sakit maag adalah penghambat pompa proton (PPP) seperti lanzoprazole dan omeprazole tetapi sakit maag juga bisa diobati dengan obat bahan tradisional. Obat sakit maag lanzoprazole dan omeprazole mampu menurunkan kadar asam dalam sistem pencernaan sehingga memungkinkan radang untuk sembuh. Anda bisa menggunakan kombinasi antibiotik jika sakit maag disebabkan oleh bakteri H. pylori.Antibiotik yang dapat membasmi bakteri tersebut dan mencegah radang untuk kembali kambuh. Jika radang disebabkan oleh penggunaan OAINS seperti ibuprofen, maka sebaiknya hentikan dahulu penggunaan obat tersebut, lalu gunakan PPP untuk menyembuhkan radang. Namun jika yang menjadi penyebab radang adalah aspirin, terkadang konsumsinya tetap perlu diteruskan, tergantung alasan mengapa aspirin tersebut diresepkan sebelumnya oleh dokter. Penanganan dari dokter akan disesuaikan dengan kondisi pasien.

cuci tangan sebelum makan

Maag bisa saja disembuhkan tetapi penyakit maag tidak dapat sembuh total, maag adalah penyakit yang bisa kambuh apabila si penderita tidak mengatur pola makan nya, karenanya dibutuhkan usaha dari si penderita untuk menjaga pola hidup sehat dengan cara makan secara teratur, makan secukupnya, cuci tangan sebelum makan, dan tidak jajan sembarangan untuk mencegah agar maag tersebut tidak kembali kambuh. Obat sakit maag tradisional dapat menjadi pilihan alternatif bagi mereka yang sering menderita sakit pada nyeri ulu hati ini. Penyakit maag merupakan penyakit yang banyak dan hampir pernah diderita oleh seluruh orang di dunia. Celakanya, penyakit maag ini sifatnya sering kambuh-kambuhan. Dan ketika kambuh, nyeri yang dirasakan di ulu hati dapat sangat mengganggu sehingga menghambat produktivitas kita sehari-hari.

Penyakit maag dapat diobati dengan obat sakit maag alami. Berikut ini merupakan beberapa pilihan obat sakit maag tradisional yang dapat mengurangi penyakit maag Anda:

  • Daun Salam

Daun Salam

daun salam digunakan sebagai penyedap masakan seperti memasak makanan balado, pepes, makanan yang ditumis dan di pindang. Daun salam juga terkenal dapat menjadi obat kencing manis. Namun ternyata selain itu, daun salam juga dapat menjadi obat sakit maag tradisional yang dapat mengatasi penyakit tersebut. Caranya mudah, ambil 15-20 lembar daun salam, lalu masukkan ke dalam air 500 ml. Didihkan air bersama daun salam hingga mendidih. Boleh ditambahkan gula batu agar memberikan rasa pada ramuan. Minum ramuan ini setiap hari sampai rasa perih di lambung hilang.

  • Temulawak

Temulawak

Tanaman ini memiliki banyak manfaat di bidang obat herbal dan tradisional. temulawak dapat menjadi obat sakit pada sendi, kanker dan menjadi obat maag tradisional. Caranya cukup mudah, sediakan 1 rimpang temulawak lalu cuci bersih. Setelah dicuci, temulawak diiris tipis-tipis lalu dianginkan dulu sebentar. Rebus irisan temulawak dengan 5-7 gelas sampai mendidih. Tiriskan air rebusan, setelah itu disaring. Air rebusan dapat diminum 1 gelas perhari sampai gejala penyakit maag menghilang.

  • Biji Pala

Biji Pala

Sama seperti daun salam, biji pala biasanya digunakan sebagai penyedap masakan oleh masyrakat Indonesia. Ternyata biji pala bukan hanya dapat memperenak rasa makanan namun juga bisa menjadi obat maag tradisional. Caranya cukup mudah, ambil 1 gram serbubuk biji pala lalu tambahkan dengan 6 gram serbuk buah pisang batu. Dua macam serbuk tersebut diseduh dengan air hangat 100 ml, lalu minum. Dianjurkan untuk diminu selama 30 hari.