Obat Sakit Maag Alami Lain yang Dapat Anda Lakukan

Merokok

Maag

Penyakit maag merupakan suatu radang yang terjadi pada dinding rongga lambung. Lambung terletak di perut atas, sehingga gejala penyakit ini adalah nyeri yang seakan-akan menusuk atau mambakar di daerah ulu hati. Penyakit yang sering kambuh ini ternyata dapat diobati dengan obat sakit maag alami.

Obat sakit maag alami Lain yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Mengubah Pola Makan

Makanan Sehat

Hindari makanan yang bertekstur keras dan sulit untuk dicerna. Pola makan juga harus diatur dengan mengikuti jam makan yang baik dan jangan sampai perut terlalu kosong. Bila perut sangat kosong jangan mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang sangat besar. Usahakan untuk makan porsi sedikit namun sering. Jangan menahan rasa lapar, karena sensasi tersebut dapat menjadi peringatan bahwa perut memang sudah seharusnya diisi.

  • Menghindari Makanan Tertentu

Makanan Pedas

Beberapa makanan dapat memicu timbulnya gejala sakit maag. Maka bagi Anda yang sering merasakan kambuhnya penyakit maag disarankan untuk menghindari makanan ini.

  1. Makanan yang pedas dan panas
  2. Makanan yang mengandung gas atau akan menciptakan gas
  3. Makanan yang keras dan sulit dicerna
  4. Makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh dan soda
  5. Makanan tinggi lemak dan berminyak
  • Menghindari Mengkonsumsi Alkohol

Alkohol

Karena alkohol merupakan penyebab terjadinya penyakit maag. Seseorang yang sering mengkonsumsi minuman keras akan mengganggu system pencernaan. Lambung akan sangat rentan dan dalam kondisi yang rapuh dan akan menjadi sarang bagi bakteri penyebab penyakit maag

  • Tidak Merokok

Merokok

Merokok bisa melemahkan otot yang mengontrol pada bagian bawah kerongkongan Anda. Hal tersebut memungkinkan asam dari lambung bergerak ke arah yang salah, yaitu ke kerongkongan. Kondisi tersebut dinamakan penyakit asam lambung. Beberapa risiko penyakit yang akan dihadapi oleh seorang perokok adalah ulkus atau tukak dan kanker lambung.