Obat Penyakit Maag

Ranitidin

Lambung

Penyakit maag terbukti sangat menggangu dan bahkan bisa membuat seseorang tidak dapat melakukan aktivitas secara normal.  Namun, ketakutan akan ketergantungan terhadap obat kimia membuat banyak orang lebih memilih obat sakit maag alami. Maag merupakan salah satu penyakit perut yang diderita oleh banyak orang. Penyakit ini menyerang bagian lambung. Gejala yang muncul adalah nyeri perut, kembung, dan juga mual-mual. Penyakit ini bisa muncul kapan saja dan di mana saja.

Maag bisa disembuhkan tetapi tidak bisa sembuh total, maag adalah penyakit yang dapat kambuh apabila si penderita tidak makan dengan teratur, terlalu banyak makan, atau penyebab yang lainnya. Biasanya untuk meredakan atau menyembuhkannya penderita harus mengkonsumsi obat maag jika diperlukan. Akan tetapi sakit maag dapat di cegah apabila penderita sakit maag makan secara teratur, makan secukupnya, cuci tangan sebelum makan dan tidak jajan sembarangan.

Obat-obatan untuk sakit maag umumnya dimakan dua jam sebelum makan dan dua jam sesudah makan. Dengan tujuan obat dikonsumsi dua jam sebelum makan yaitu untuk menetralisir asam lambung, karena pada saat tersebut penumpukkan asam lambung sudah sangat banyak dan di dalam lambung penderita pasti telah terjadi luka-luka kecil yang apabila terkena asam akan terasa perih. Kemudian obat yang diminum dua jam sesudah makan bertujuan untuk melindungi dinding lambung dari asam yang terus diproduksi. Akhirnya dua jam setelah makan, asam yang di lambung akan terpakai untuk mencerna makanan sehingga sudah ternetralisir dan tidak akan melukai dinding lambung.

Obat sakit Maag yang biasa digunakan adalah:

  • Antasida

Antasida

Untuk menetralisir asam lambung dan menghilangkan rasa nyeri.

  • Pompa Proton pencegah pertumbuhan bakteri

Pompa Proton pencegah pertumbuhan bakteri

Menghentikan produksi asam lambung dan menghambat infeksi bakteri helicobacter pylori.

  • Agen Cytoprotektif

Melindungi jaringan mukosa lambung dan usus halus.

  • Obat anti sekretorik

Mampu menekan sekresi asam.

  • Pankreatin

Pankreatin

Membantu pencernaan lemak, karbohidrat, protein dan mengatasi gangguan sakit pencernaan seperti perut kembung, mual, dan sering mengeluarkan gas.

  • Ranitidin

Ranitidin

Mengobati tukak lambung.

  • Simetidin

Mengobati dyspepsia.