Makanan untuk Penderita Asam Lambung

Bagi mereka yang mungkin sering mengalami sakit maag atau sakit perut dan perut terasa mual setelah memakan makanan jenis tertentu, kemungkinan besar akan mengalami gangguan asam lambung. Gangguan asam lambung ini terjadi karena kadar asam lambung menjadi meninggi ketika mengkonsumsi makanan tertentu.

Beberapa penyebab naiknya kadar asam lambung selain karena faktor olahraga dan gaya hidup, ternyata jenis makanan yang anda konsumsi juga sangat mempengaruhi kadar asam lambung yang ada di dalam tubuh. Mengkonsumsi bahan makanan yang tidak tepat, akan mempengaruhi naiknya kadar asam lambung di dalam tubuh anda.

Berikut ini adalah daftar beberapa makanan untuk penderita asam lambung yang baik untuk dikonsumsi agar terhindar dari gangguan asam lambung yang lebih parah :

  • Wortel

Wortel

Wortel dikenal sebagai produsen vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu, wortel juga memiliki kandungan kalsium dan vitamin serta nutrisi lainnya, yang pastinya akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Wortel ini juga memiliki kadar antioksidan yang tinggi, serta sangat aman untuk dikonsumsi oleh penderita gangguan pada asam lambung , karena wortel tidak akan menaikkan kadar asam lambung.

  • Brokoli

Brokoli

Brokoli memiliki banyak kandungan kalium dan serat yang sangat berguna bagi pemenuhan kebutuhan nutrisi manusia berdasarkan AKG sehari-hari. Selain itu, brokoli memiliki kandungan sulfur. Sulfur juga dapat berfungsi sebagai antioksidan dan pelindung lapisan dalam dari kulit lambung.

  • Susu Kambing

Susu Kambing

Merupakan produk dari hewan kambing yang banyak dicari sebagai sumber vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Susu kambing juga sangat berguna bagi kesehatan tubuh dan sebagai makanan untuk penderita asam lambung, karena susu kambing memiliki sifat basa yang berbeda dengan jenis susu lain

  • Pisang

Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang sangat populer di kalangan masyarakat luas. Pisang memiliki kadar kalsium, kalium dan fosfor yang baik bagi pertumbuhan tulang. Selain itu, pisang juga memiliki banyak macam vitamin dalam satu buahnya. Selain banyaknya vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya, pisang juga memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan pH atau kadar keasaman di dalam lambung. Hal ini membuat pisang menjadi salah satu buah yang sangat dianjurkan bagi penderita asam lambung.

  • Mangga

Mangga

Mangga adalah buah yang manis dan legit, yang sangat enak dan menggiurkan untuk dimakan. Berbagai kandungan vitamin dan nutrisi lainnya yang terkandung, sangatlah baik untuk dikonsumsi sebagai makanan 4 sehat 5 sempurna. Selain itu, mangga juga memiliki antioksidan dan anti inflamasi, yang akan menjaga dan melindungi lapisan perut.

  • Semangka

Semangka

Semangka memiliki kadar air yang sangat tinggi dan menyegarkan tubuh. Selain dapat menyegarkan tubuh, semangka juga aman untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit asam lambung. Buah semangka dapat membantu terciptanya amonia, yang dapat mempertahankan tingkat keasaman di dalam lambung.

  • Air Kelapa

Air Kelapa

Air kelapa adalah salah satu jenis minuman yang sangat menyegarkan. Selain menyegarkan, air kelapa juga akan membantu mengembalikan elektrolit dalam tubuh yang berkurang karena adanya aktivitas tubuh. Elektrolit pada air kelapa sanggup menjaga kadar keasaman pada lambung, agar tetap seimbang dan tidak meningkat.

  • Kentang

Kentang

Umbi-umbian merupakan salah satu sumber makanan penderita asam lambung yang mengandung karbohidrat tinggi. Makanlah kentang setiap hari ketika sarapan. Umbi – umbian ini akan sangat membantu anda untuk menetralisir kadar asam yang ada di dalam lambung anda, karena pada dasarnya, kentang memiliki sifat basa.