Kulit Keriput di Usia Muda

7 Penyebab Kulit Cepat Keriput Di Usia Muda

Penyebab kulit keriput – Sebagai wanita tentunya tidak ingin memiliki wajah yang penuh dengan kerutan dan keriput. Selain wajah terlihat tua dan tidak muda lagi, keriput juga cukup mengganggu penampilan. Perlu kamu ketahui juga, timbulnya keriput bisa muncul di usia muda. Penyebab timbulnya keriput terjadi antara lain seperti faktor genetik, kesehatan kulit, dan pola hidup yang tidak sehat, bahkan penggunaan kosmetik yang tidak tepat juga menjadi penyebab keriput. Agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya anda perlu mengetahui apa saja yang menjadi penyebab terbesar timbulnya keriput di usia muda.

Kulit Keriput di Usia Muda

  1. Paparan sinar matahari

Kulit keriput juga bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari, sering terkena aparan sinar UV tentunya akan membuat wajah anda kering sehingga akan menimbulkan kerutan di wajah. Untuk menghindari paparan sinar matahari sebaiknya gunakanlah tabir surya agar kulit terlindungi dari sinar UV.

paparan sinar uvpenuaan dini

  1. Menggunakan produk kosmetik

Menggunakan produk kosmetik yang salah merupakan salah satu penyebab keriput yang timbul di usia muda. Hal ini dikarenakan kosmetik yang kandungannya berbahan kimia bisa membuat kulit rusak sehingga menimbulkan kerutan di wajah. Sebaiknya hindari penggunaan kosmetik berlebihan, atau anda dapat memilih produk kosmetik terpercaya yang aman untuk wajah.

  1. Dehidrasi

Kulit juga membutuhkan cairan, sehingga sangat disaraankan untuk anda meminum air putih yang cukup. Sebab jika tidak, kulit akan kering sehingga tidak bisa menghasilkan sel-sel baru yang dapat mengakibatkan terbentuknya garis garis diwajah.

Dehidrasi

  1. Diet yang berlebihan

Bagi kamu yang sedang diet, sebaiknya hindari diet yang terlalu berlebihan, sebab kemungkinan penyebab kulit keriput terjadi karena program diet yang anda lakukan. Tubuh juga membutuhkan asupan mineral dan vitamin serta nutrisi, sehingga jika diet yang anda lakukan terlalu berlebihan maka nutrisi penting untuk tubuh juga semakin berkurang termasuk kesehatan kulit.

  1. Merokok

Selain berbahaya bagi paru paru, rokok juga sangat berpengaruh pada kesehatan kulit. Sebab merokok bisa menjadi penghambat pasokan darah ke seluruh tubuh. Tentunya hal ini akan menimbulkan keriput dan kerutan pada area bibir dan mata anda.

Jangan merokok dan mengkonsumsi alkohol

  1. Gerakan wajah

Penyebab keriput juga muncul karena gerakan wajah, jika wajah anda sering sekali bergerak seperti tersenyum atau cemberut, hal ini bisa menyebabkan keriput di wajah. Selain itu, pola tidur yang salah saat wajah menghadap bantal juga akan menimbulkan kerutan dan garis garis kecil diwajah.

  1. Begadang dan Kurang istirahat

Kulit keriput bisa terjadi karena efek kurang tidur, maka dari itu sangat disarankan untuk tidur yang cukup di malam hari. Sebab malam hari merupakan waktu yang tepat untuk membentuk sel sel baru kolagen yang rusak.

Hindari kebiasaan merokok dan minum kopi

Selain penyebab diatas, sering meminum kopi secara berlebihan juga menjadi salah satu penyebab keriput pada usia muda, karena kafein yang terkandung didalamnya. Itulah beberapa hal yang menyebabkan kulit anda keriput yang perlu di ketahui. Lakukanlah pola hidup sehat agar kulit sehat dan wajah bebas jerawat.