Kulit Kaki Keriput dan Kering

Gejala Umum dan Penyebab Kulit Kaki Kering dan Bersisik

Pada dasarnya, kulit kaki kering dan bersisik sering terjadi di bagian kaki bagian bawah dan paha. Kulit akan terlihat kasar dan retak memutih seperti bentuk sisik pada ikan. Dengan kondisi yang seperti ini, tentu rasa percaya diri akan hilang seketika. Terlebih jika kita mengenakan rok mini dan sepatu yang indah. Sebisa mungkin pasti kita berusaha untuk menutupi keadaan kulit kaki tersebut meskipun kita memiliki bentuk kaki kita panjang dan indah.

Jari-jari Tangan dan Kaki Terkena Air

Cara Mengatasi Kulit Kaki Kering Keriput dan Bersisik

Banyak faktor yang dapat menyebabkan kaki kering dan keriput ini, di antaranya adalah faktor keturunan, faktor kondisi cuaca, dan juga faktor usia. Setelah kita mengetahui beberapa faktor yang dapat menyebabkan kulit kaki kering keriput dan tampak seperti bersisik lalu bagaimana cara termudah, cepat dan alami untuk meghilangkan gejala tersebut?
Cara mengatasi kulit kaki kering, keriput dan tampak seperti keriput adalah sebagai berikut:

Menggunakan Krim Pelembab
Gunakan krim pelembab secara teratur sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan. Dengan menggunakan krim pelembab, kulit akan terlindung dari paparan sinar matahari secara langsung. Sinar matahar mengandung sinar ulitaviolet yang dapat merusak sel kulit apabila kita terlalu lama terkena paparan sinar matahari secara langsung. Dengan begitu, kelembaban kulit akan terjaga. Gunakanlah krim pelembab setiap habis mandi dan akan keluar rumah. Jangan lupa untuk memilih krim pelembab herbal agar lebih aman dikulit.

kulit keriput dan kering kaki

Merawat Kulit Dengan Bahan-Bahan Alami
Gunakanlah minyak zaitun atau jojoba untuk melembabkan kulit secara teratur. Pijatlah kulit kaki yang kering, keriput dan tampak bersisik dengan lembut. Dengan memijat dalam gerakan melingkar, minyak akan mudah menembus kulit bagian dalam sehingga kelembabannya akan terjaga.

kulit kaki kering

Konsumsi Air Putih 
Tubuh kita memiliki 70% kandungan air. Untuk membuat kulit lembut dan kenyal kulit juga membutuhkan nutrisi mineral yang dapat di peroleh dari air mineral. Untuk menjaga dan mengatasi kulit kering dan tampak bersisik mengkonsumsi air putih secara teratur adalah langkah paling mudah dan murah, namun tetap memberikan manfaat yang dahsyat. Biasakan minum air mineral minimal 8 gelas perhari atau setara dengan 2 liter per hari.

Jangan berlebihan menggunakan sabun di kaki.

Sabun mandi lebih cenderung membuat kulit kering dan bersisik karena pada dasarnya kulit kaki tidak mengandung kelenjar yang dapat menghasilkan minyak.

Jangan berlebihan menggunakan sabun di kaki.

Jadi usahakan untuk tidak terlalu sering mandi dan gunakan pelembab untuk kaki setiap selesai mandi sebagai perawatan kulit kaki.

Rendam kaki dengan jus lemon.

Jika kulit anda kering dan bersisik, lakukanlah perawatan kulit dengan merendam kaki menggunakan jus lemon selama kurang lebih 10 menit. Jus lemon merupakan asam ringan yang dapat membantu anda menjaga kecantikan kulit dengan menghilangkan sel kulit mati dan mencegah kulit kering dan bersisik.

Rendam kaki dengan jus lemon

Merawat kulit kering dan bersisik dengan minyak zaitun.

Minyak zaitun dapat bermanfaat untuk melembabkan kulit sehingga dapat mengatasi kulit kering dan bersisik di kaki secara alami. Oleskan minyak zaitun pada kulit kaki secara merata dan pijat dengan lembut hingga minyak zaitun meresap pada kulit kaki.

Mengkonsumsi makanan bergizi.

Konsumsilah makanan bergizi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan untuk menjaga kecantikan kulit sehingga terhindar dari masalah kulit kering dan bersisik. Hindari minuman beralkohol dan yang mengandung kafein.