Keriput Pada Kulit Leher

Cara merawat agar kulit leher tidak keriput

Merawat kulit wajah agar terlihat mulus dan tidak berkeriput merupakan hal biasa yang dilakukan oleh wanita. Tetapi, terdapat satu area penting yang kerap luput dari perawatan. Area tersebut adalah leher.

Kulit leher rentan pula mengalami masalah penuaan seperti halnya pada wajah. Umur seseorang tidak dapat dikelabui bila dilihat dari bagaimana keadaan kulit lehernya walaupun kulit wajah nampak kencang. Oleh sebab itu, kulit leher harus dirawat juga agar nampak muda selalu.

keriput pada leher

Beberapa masalah penuaan dini yang biasa ditemui pada kulit leher di antaranya adalah kulit kusam, keriput, dan garis leher yang cukup dalam atau depth line. Seorang perempuan dapat nampak lebih tua bila lehernya mengalami masalah keriput meskipun kulit wajahnya terlihat mulus terawat.
Leher merupakan wilayah yang terlihat setelah wajah. Oleh karena itu, sebaiknya masalah keriput pada leher menjadi bagian penting yang harus diperhatikan dan dirawat seperti halnya merawat wajah. Keindahan kulit leher juga berpengaruh terhadap kecantikan seorang wanita.

kulit leher keriput

Berikut ini adalah beberapa penyebab kulit leher menjadi keriput, diantaranya adalah:

  • Faktor umur.
  • Paparan sinar matahari berlebih.
  • Polusi udara.
  • Stres, mer0k0k, kurang minum air putih, dan nutrisi yang buruk.
  • Penurunan berat badan secara drastis sesudah melakukan diet ketat.
  • Faktor genetik.
  • Kurangnya perawatan tubuh.

Perawatan untuk membersihkan dan menghaluskan 

Kosmetik, seperti alas bedak, dan bedak jika tidak dibersihkan secara benar dapat menambah tebal lapisan pada leher.

Selain karena polusi udara dan keringat, iklim tropis Indonesia yang cenderung panas juga dapat membuat kulit cepat berkerut.  Untuk itu sebaiknya leher dibersihkan minimal 2 kali sehari, yaitu dilakukan saat membersihkan wajah dengan susu pembersih dan penyegar.

kulit leher segar

Pada pagi hari sebelum melakukan aktivitas, sebaiknya gunakan krim khusus untuk leher (neck cream) yang mengandung asam laktat dan asam glikolat untuk melindungi kulit dari terpaan sinar matahari. Dan semingggu sekali gunakan krim yang mengandung liposome dan asam glikolat guna mengurangi kerut serta melembutkan kulit.

  • Untuk melembutkan

Kulit leher yang kering merupakan salah satu penyebab timbulnya “double chin” ini. Oleh sebab itu sebaiknya pula setiap malam gunakan pelembab yang mengandung Alpha Hidroxy Acid ( AHA ), ekstrak teh hijau, dan enzyme superoxide dismutase, guna melindungi kulit dari dehidrasi dan menurunkan kekasaran kulit. Sehingga kulit akan terasa lembab serta produksi kolagen dan elastin meningkat.

cream leher

  • Untuk mengencangkan 

Sama dengan kulit pada daerah sekitar mata, kulit leher juga tergolong sensitif karena rawan terhadap proses penuaan dini.  Hal ini ditandai dengan munculnya keriput dan terjadinya kekenduran pada kulit yang biasanya dialami oleh wanita berusia 20 tahunan ke atas.

Untuk perawatannya, gunakan masker pada leher secara rutin. Satu hingga dua kali dalam seminggu.

kulit leher kencang

Caranya:

Oleskan masker (bisa dipilih yang berupa berupa wax) yang mengandung Kojic Acid dan vitamin E pada bagian depan leher. 

Dimulai dari daerah dagu hingga sampai pangkal leher.

Tunggu beberapa menit sehingga kering, lalu bilas sampai benar-benar bersih.

Selain menjaga kulit leher tetap kencang, penggunaan masker juga berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati, menyegarkan dan membuat kulit terasa lembut.