Keriput Karena Radikal Bebas

Radikal Bebas Sebabkan Penuaan Dini

Kualitas lingkungan hidup yang semakin menurun ternyata mempunyai dampak pada semakin cepat terjadinya proses penuaan atau istilahnya penuaan dini. Penyebab penuaan dini adalah radikal bebas yang berasal dari sinar ultra violet, polusi udara, polusi asap pabrik, asap rokok, limbah industri pestisida dan aktifitas fisik.

Selain menyebabkan kerusakan kulit, radikal bebas tersebut juga berdampak pada rusaknya sel-sel organ tubuh, seperti jantung, paru-paru, otak, pembuluh darah, mata dll.

penuaan dini karna radikal bebas

Radikal bebas adalah molekul ganas yang menggerogoti sel-sel tubuh termasuk jaringan kalogen. Sebagian ahli berpendapat bahwa radikal bebas terbentuk sebagai efek polusi lingkungan, paparan sinar matahari, pemakaian air yang tercampur bahan kimia, perubahan cuaca dan faktor lain yang mengganggu pertumbuhan normal kalogen.

Untuk dapat tampil cantik alami itu memang tidak mudah, karena butuh proses yang panjang. Sedangkan untuk tampil cantik secara instan cukup mudah tetapi tidak akan bertahan lama. Tampil cantik dan alami perlu ditempuh dengan 2 cara, yaitu internal dan eksternal. Eksternal dengan melakukan perwatan kulit, sedangkan yang internal dengan mengkonsumsi vitamin E yang penting untuk kesehatan kulit. Adapun sumber vitamin E alami banyak terdapat dalam minyak kedelai, biji gandum, minyak kacang tanah.

Minyak kedelai

Pemutih kulit yang sering ditawarkan sebenarnya bisa membahayakan jika pemakaiannya tidak tepat. Tidak jarang justru kulitnya menjadi rusak dan hitam. Sebenarnya ukuran cantik itu bukan putih, walaupun hitam yang penting bersih dan sehat.

Penuaan dini tidak ada obat yang benar-benar efektif untuk mengatasinya. Oleh karena itu, sebelum berlanjut semakin buruk maka anda harus mencegahnya. Untuk mencegahnya, anda harus tahu penyebabnya, penyebab penuaan dini yaitu radikal bebas yang terus menerus menyerang kita. Radikal bebas ini bersumber dari asap rokok dan pencemaran yang menimpa lingkungan tempat tinggal kita. Jadi mau tidak mau kita selalu berinteraksi dengan radikal bebas. Sehingga sangat wajar bila kulit mengalami penuaan dini.

merokok sebabkan keriput sekitar mulut

Namun pencegahan radikal bebas dapat dilakukan dengan mengatur pola makan, diet yang mengandung protein tinggi dan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin seperti buah dan sayuran. Dengan gizi yang baik, struktur sel akan membaik hingga proses penuaan dini dapat diperlambat

Faktor lain yang mempengaruhi terjadinya penuaan dini adalah paparan sinar matahari dan Kelembapan udara. Berikut penjelasannya:

Sinar matahari

Untuk menghindari pengaruh buruk sinar matahari, hindari saat sinar matahari memancarkan sinar ultra violet di titik kulminasi (antara pukul 10.00 – 15.00) dan selalu mengenakan tabir surya pada wajah dan bagian tubuh yang terbuka setiap ke luar ruangan.

Menggunakan pelembab

 

Kelembaban udara

Kelembaban udara yang tinggi dan tidak stabil seperti di alam tropis ini, menjadi penyebab terjadinya penuaan dini, terutama jika kulit tidak dilindungi dengan baik.

Salah satu cara melindungi kelembaban kulit adalah dengan mengenakan pelembab yang dapat mempertahankan kadar air dalam kulit. Untuk melindungi kelembutan kulit, gunakan pelembab pada wajah dan body lotion yang sesuai dengan jenis kulit pada seluruh tubuh terutama yang tidak terlindungi oleh pakaian. Pelembab yang baik untuk melembabkan kulit kering dan kulit normal, pilih bahan pelembab yang mengandung humektan sebagai pengikat air yaitu asam alfa-hidroksi A-HA/Alpha-Hidroksi Acid).

pentingnya kelembapan udara untuk wajah

Sinar matahari dapat menimbulkan masalah pada kulit, terutama pada mereka yang memiliki hobi mandi matahari atau terkena terpaparan langsung sinar matahari secara terus menerus yang mengakibatkan kulit keriput dan timbul penuaan lebih dini. Sinar matahari diduga kuat sebagai penyebab kanker kulit.