Jenis Penyakit Autoimun

Definisi Radang Otak Pendarahan Otak image 3

Jenis Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun merupakan penyakit yang terjadi akibat ketika sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi tubh dari antigen dan alergen justru malah menyerang sel-sel tubuh sendiri yang normal. Kondisi ini kemudian memicu timbulnya berbagai ganguan kesehatan yang sangat serius. Ada banyak sekali jenis penyakit autoimun, berikut adalah beberapa diantaranya:

Psoriasis-Penyakit autoimun

  • Psoriasis

Ini adalah penyakit autoimun yang menyebabkan sel-sel kulit baru tumbuh jauh di dalam kulit dan naik dengan cepat sehingga menumpuk di permukaan kulit.

  • Vitiligo

adalah penyakit autoimun yang menyerang sel-sel yang memberi warna pada kulit. Gejala dari penyakit ini diantaranya adalah muncul bercak putih pada bagian tubuh.

  • Diabetes tipe 1

Penyakit ini terjadi saat sel-sel penghasil insulin diserang sistem kekebalan tubuh sendiri. Dampaknya adalah produksi insulin tidak terjadi dengan baik sehingga kadar gula akan menumpuk dalam darah yang mengakibatkan hiperglikemia atau tingginya kadar gula darah.

Multiple sclerosis-Penyakit autoimun

  • Multiple sclerosis

Ini merupakan penyakit autoimun dimana sistem kekebalan tubuh menyerang lapisan pelindung di sekitar saraf.

  • Primary biliary cirrhosis

Ini adalah jenis penyakit autoimun dimana sistem kekebalan tubuh menghancurkan saluran empedu hati. Kerusakan bisa menyebabkan hati mengeras dan terluka dan akhirnya tidak dapat berfungsi dengan baik.

  • Inflammatory bowel disease

Ini merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan inflamasi kronis pada saluran pencernaan. Adapun gejala dari penyakit ini diantaranya adalah perdarahan rektum, ulkus mulut, sakit ketika buang air besar.

Lupus eritematosus sistemik

  • Lupus eritematosus sistemik

Ini adalah penyakit autoimun yang mempengaruhi kulit, ginjal, sendi, otak dan organ lainnya. Penyakit lupus juga hingga kini belum ditemukan obat yang efektif untuk memulihkan atau menyembuhkan penyakit ini, melainkan hanya diberikan obat untuk menekan gejala.

  • Anemia pernisiosa

Ini adalah penyakit autoimun yang menyebabkan penurunan sel darah merah yang disebabkan oleh ketidakmampuan untuk menyerap vitamin B12.

  • Alergi

Alergi adalah keadaan dimana sistem kekebalan tubuh menyerang zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Beberapa orang alergi dengan makanan tertentu seperti kacang-kacangan, kerang, atau bahkan serbuk sari dan sebagainya. Penyebab lain dari alergi diantaranya adalah obat penisilin, jamur, debu, sel kulit mati anjing dan kucing, sengatan lebah dan sebagainya. Umumnya alergi bisa diobati dengan obat-obatan dimana tujuan dari pemberian obat ini adalah untuk mengontrol kekebalan tubuh ketika menyerang allergen atau zat penyebab alergi. Pada kondisi tertentu, alergi bisa menyebakan kondisi yang serius atau anafilaksis.

Penyakit autoimun sendiri memang bukan penyakit yang lazi, meski beberapa dari mereka banyak ditemukan. Selain itu penyebab pasti dari jenis penyakit autoimun ini juga belum diketahui, namun beberapa faktor resiko diyakini dapat meningkatkan seseorang terkenal penyakit autoimun. Adapun faktor resiko tersebut diantaranya adalah:

Faktor resiko autoimun karna genetika

  • Genetika atau keturunan

Kecenderungan penyakit autoimun terjadi dalam keluarga atau faktor keturunan. Seseorang yang memiliki orang tua atau kerabat dekat dengan penyakit autoimun memiliki resiko yang lebih besar terhadap penyakit autoimun jika dibandingkan mereka yang tidak memiliki orang tua atau kerabat dekat dengan penyakit autoimun.

  • Wanita memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit autoimun dibandingkan dengan pria
  • Lingkungan
  • Hormon seks

Hormon seks baik estrogen maupun progesteron juga diketahui memiliki hubungan dengan penyakit autoimun, ini terbukti gangguan autoimun cenderung menyerang selama usia produktif.

  • Infeksi

Beberapa penyakit autoimun dapat dipicu oleh infeksi tertentu.

Alergi salah satu faktor resiko penyakit autoimun