Fungsi Sistem Imunitas

Fungsi Sistem Imunitas Tubuh Manusia

Sistem kekebalan tubuh adalah pertahanan tubuh dalam menghadapi invasi yang bisa melakukan tindakan membahayakan.

Fungsi Sistem Pertahanan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh adalah mekanisme pertahanan tubuh yang melindungi tubuh dari penyusup. Hal ini terdiri dari jaringan sel, jaringan, dan organ. Kata ‘kekebalan’ dalam hal ini berarti perlindungan terhadap penyakit. Itu adalah persis apa yang sistem kekebalan tubuh ini seharusnya berikan.

Fungsi Sistem kekebalan tubuh

Ada berbagai jenis penyerang yang dapat membahayakan tubuh. Sebagian besar penyusup mikroba kecil, seperti bakteri, parasit, jamur, dan virus. Semua ini dapat menyebabkan infeksi di dalam tubuh. Nama yang lebih teknis untuk penyerbu atau setidaknya mereka yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh untuk bergerak dalam tindakan  yang disebut antigen.

Antigen-Fungsi sistem imun

Sistem kekebalan tubuh yang luar biasa. Ini akan menyerang antigen ini sedikit mengganggu dengan mengunci mereka ke lokasi mereka, mengirim untuk kembali, dan mengunyah mereka sampai mereka pergi. Sistem kekebalan tubuh sangat pintar yang dapat mengenali sel ‘diri’ dan sel ‘non-diri’. Pada dasarnya, sistem kekebalan tubuh tahu mana sel-sel milik kita (‘sel diri’) dan mana yang bukan milik kita (‘sel non-diri’). Antigen adalah sel-sel non-diri yang memicu sistem kekebalan tubuh untuk bertindak. Antigen ini dapat virus, bahkan molekul virus, atau jaringan dan sel dari orang lain. Reaksi ini adalah mengapa seseorang mungkin menolak transplantasi organ.

Self antigen

Ketika semua sudah bekerja dengan baik, sistem kekebalan tubuh meninggalkan sel-sel sehat dan jaringan dalam tubuh saja. Ketika sistem kekebalan tubuh tidak bekerja dengan baik, hal itu dapat menyerang sel-sel diri, namun, ketika sistem kekebalan tubuh tidak bekerja dengan baik, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada bagian yang sehat, menyebabkan gangguan seperti penyakit alergi, arthritis, dan bentuk-bentuk tertentu dari diabetes. Kegagalan fungsi ini dikenal sebagai penyakit autoimun.

Kadang-kadang, antigen sebenarnya tidak berbahaya. Ini adalah kasus pada hal-hal seperti ragweed atau serbuk sari. Keduanya tidak berbahaya bagi tubuh, namun mereka dapat memicu sistem kekebalan tubuh untuk bertindak.

Jenis antigen tidak berbahaya yang dikenal.

Antibody-Fungsi sistem imun

Antibodi

Penyusup, antigen, menyerang tubuh. Ini memicu alarm bagi sel B untuk memproduksi protein khusus yang dikenal sebagai antibodi. Sel B akan mengunci antibodi ke antigen yang menyerang. Antibodi adalah penanda bahwa sinyal sel T dan akhirnya fagosit untuk menyerang. Antibodi akan tetap dalam tubuh untuk selamanya. Inilah sebabnya mengapa imunisasi bekerja. Mereka memiliki cukup dari antigen di dalamnya sehingga anda tidak sakit, tetapi sistem kekebalan tubuh anda menciptakan antibodi yang akan menghancurkan jika antigen itu kembali.

Ringkasan Fungsi Sistem Imunitas Tubuh Manusia

Sistem kekebalan tubuh adalah pertahanan tubuh melawan kuman yang masuk yang dapat menyebabkan infeksi. Bagian dari sistem kekebalan tubuh yang ditemukan di seluruh tubuh. Mereka masing-masing memiliki peran dan fungsi mereka sendiri. Semua bagian bekerja sama untuk membentuk jaringan komunikasi besar yang menghilangkan antigen, atau penyusup, yang dapat menyebabkan kerusakan tubuh.

Fungsi sistem imun bagi tubuh