Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penuaan

perawatan tubuh dan wajah

Faktor-faktor yang mempengaruhi penuaan
Menua atau menjadi tua adalah satu keadaan yang terjadi pada kehidupan manusia, menua (menjadi tua) adalah suatu proses menghilangnya secara perlahan kemampuan jaringan untuk memperbaiki diri atau mengganti diri dan mempertahankan struktur dan fungsi normalnya sehingga tidak dapat bertahan terhadap jejas (termasuk infeksi) dan memperbaiki kerusakan yang di derita.
Menjadi tua merupakan proses alamiah yang berarti seseorang telah melalui tiga tahap kehidupannya yaitu:

Proses penuaan.
• Anak

• Dewasa

• Tua

Tiga tahap ini berbeda baik secara biologis maupun psikologis, memasuki usia tua berarti mengalami kemunduran misalnya kemunduran yang ditandai dengan kulit yang mengendur, rambut memutih, gigi mulai ompong, pendengaran mulai kurang, penglihatan mulai memburuk, gerakan lambat, dan pigur tubuh yang tidak proporsional.
Proses penuaan merupakan proses yang dialami setiap makhluk hidup. Hal ini dapat berlangsung secara fisiologis maupun patologis. Umur manusia telah ditentukan, namun banyak faktor yang dapat mempengaruhinya. Pertumbuhan manusia normal dapat digambarkan seperti gunung. Tahap pertama meningkat, mencapai puncak (saat manusia berumur 20-an), tiba tahap kedua menurun. Dengan sendirinya, jika proses penuaan dapat dihentikan saat manusia berada di puncak, kemudaannya akan bertambah.
Berikut ini faktor-faktor yang mempengaruhi penuaan, diantaranya adalah:

Cara Mencegah Penuaan
1. Kebiasaan yang tidak sehat
Kesehatan kulit sangat dipengaruhi oleh kebiasaan hidup sehari-hari. Kebiasaan buruk seperti merokok, minum kopi dan alkohol, stres, sampai kurang tidur, akan membuat kulit menjadi lebih kering. Kulit yang kering menjadi salah satu penanda dari faktor penuaan dini, karena pada usia produktif kulit manusia sebenarnya masih memiliki tekstur yang baik. Namun berbagai kebiasaan buruk itu membuat sel kulit menjadi rusak, dan kulit menjadi lebih kering, karena kulit tidak mampu menangkap dan mempertahankan air dalam lapisan kulitnya.

Terlalu sering berada di ruang ber AC bisa jadi pemicu penuaan dini

2. Efek lingkungan
Lingkungan juga bisa memberi pengaruh buruk bagi kulit anda. Misalnya saja terlalu sering berada di ruangan berpendingin udara, udara kotor, polusi, sampai radiasi matahari. Namun yang paling ‘jahat’ adalah radiasi. Sebaiknya gunakan krim tabir surya agar kulit tidak rusak dan menjadi kanker.

3. Usia
Proses aging atau penuaan akan dimulai pada usia 20-an, namun kulit masih akan mampu menyeimbangkan dan menghambat proses penuaan ini. Kulit akan berkurang kemampuannya untuk memproduksi sel-sel kulit baru ketika sudah memasuki usia di atas 30 tahun.

penuaan usia 30

4. Genetik
Pada kasus penuaan dini, ada juga orang yang mengalami masalah ini karena faktor keturunan. Gen “aging” yang terbawa dalam diri seseorang akan memungkinkan dirinya menjadi tua sebelum waktunya. Sebaliknya, ada yang memiliki faktor keturunan untuk terlihat awet muda.

5. Kondisi fisik dan kesehatan
Kulit merupakan salah satu salah satu penanda fisik yang menonjol ketika tubuh mengalami masalah kesehatan. Ketika tubuh sedang sakit, efeknya akan langsung terlihat pada kulit, misalnya menjadi kusam dan tidak bercahaya. Jika kulit tidak dirawat dengan tepat setelah mengalami sakit, kulit akan menjadi semakin bermasalah dan rusak.

perawatan tubuh dan wajah

6. Perawatan diri
Meski akan mengalami masalah penuaan kulit, namun untuk mengurangi dampak kerusakan sebelum waktunya, anda perlu melakukan perawatan sejak dini. Perawatan diri yang tepat sesuai kebutuhan kulit akan membuat kulit menjadi sehat dan indah.