Ciri-ciri Penyakit Maag Kronis

Muntah Darah

Sakit Maag

Sakit maag memang sering dianggap sebagai penyakit yang umum dan biasanya memang tidak menimbulkan gejala penyakit maag yang lebih buruk. Namun untuk penderita sakit maag maka harus waspada agar kondisi maag anda tidak menjadi maag kronis. Maag kronis bisa muncul akibat dari ciri dan gejala penyakit maag yang tidak mendapatkan perawatan secara tepat. Selain itu, gaya hidup tidak sehat juga bisa memicu maag kronis meskipun sebelumnya sama sekali tidak mengalami gangguan maag.

maag kronis terjadi karena penyakit maag dibiarkan begitu saja, dan semakin lama makanan yang terus memicu maag semakin meningkatkan asam lambung dan akhirnya menyebabkan kronis. Ada beberapa ciri-ciri penyakit maag kronis seperti mual-mual, perut terasa kembung, muntah, lemas, nafsu makan berkurang, sesak nafas, pucat, pusing dan terkadang suka keluar keringat dingin. Orang yang mengalami maag kronis memang mempunyai rasa lapar yang terus menerus, akan tetapi rasa lapar ini akan dibarengi dengan perut kembung, sehingga makanan yang masuk tidak akan sebanyak ketika kondisi lambung sedang baik. Jika rasa mual muncul dan sudah tidak tertahankan, bahkan mengeluarkan darah, kondisi ini sudah wajib dilarikan ke rumah sakit. Jika dibiarkan begitu saja, maag kronis memungkinkan penderitanya mengalami kematian karena muntah secara terus menerus dan tidak mendapatkan asupan makanan yang masuk. Berikut adalah ciri-ciri penyakit maag kronis lebih detail dan lebih jelas, sebagai berikut:

  • Sakit Perut Atas

Maag Kronis

Sakit perut atas memang paling sering terjadi pada penderita penyakit maag. Rasa sakit bisa terjadi seperti melilit, perih dan sangat tidak nyaman. Ini terjadi akibat adanya pembengkakan yang muncul pada bagian selaput perut. Terkadang rasa sakit bisa menjadi lebih parah karena perut sama sekali tidak mau menerima makanan. Tubuh bisa menjadi sangat lemah dan juga kekurangan kebutuhan nutrisi manusia.

  • Tubuh Sangat Lemah

Tubuh Sangat Lemah

Orang yang menderita gastritis kronis juga akan mengalami kondisi tubuh yang sangat lemah. Tubuh sama sekali tidak bisa beraktifitas karena rasa sakit perut yang hebat. Bahkan tubuh menjadi lebih lemah jika tidak mendapatkan makanan yang baik. Sementara peradangan pada bagian lambung dan selaput perut menyebabkan penderita tidak bisa makan. Kondisi ini harus membuat penderita perlu perawatan yang sangat intensif seperti rawat inap di rumah sakit.

  • Kembung

Perut kembung

Perut kembung bisa membuat penderita maag kronis menjadi tidak nyaman. Penyebab perut kembung ini bisa terjadi akibat adanya peradangan yang terjadi pada lambung. Selain itu, lambung yang terlalu banyak menghasilkan asam akan membuat asam naik ke bagian perut atas. Hal ini juga bisa memicu perut kembung. Perut kembung secara otomatis akan menyebabkan perut tidak nyaman. Bahkan gangguan lain seperti sulit buang gas dan perut terasa perih akan membuat penderita menjadi sangat tidak nyaman.

  • Mual dan Muntah

Mual dan Muntah

Mual dan muntah paling sering terjadi akibat dari penyakit maag. Kondisi ini sering disebabkan karena perut menjadi lebih cepat kenyang ketika baru sedikit makan sementara itu hanya kondisi efek maag. penyebab sering mual dan muntah juga karena asam yang berlebihan pada lambung dan sudah naik ke perut atas. Kondisi ini akan membuat penderita tidak bisa menerima makanan dengan baik dan harus sering mendapatkan perawatan di rumah sakit.

  • Sendawa

Sendawa

Bersendawa juga paling sering terjadi pada penderita maag. Sendawa merupakan akumulasi dari perasaan penumpukan angin yang berlebihan di dalam perut. Ketika bersendawa maka perut menjadi lebih nyaman namun juga akan memancing untuk sering bersendawa. Bahkan penyebab sering bersendawa ini sering menyebabkan mual dan muntah.

  • Berat Badan Menurun

Berat Badan Menurun

Penderita maag kronis biasanya akan terlihat lebih kurus. Hal ini terjadi ketika maag kronis sudah membuat penderita tidak bisa makan dengan baik. Tidak mendapatkan nutrisi yang cukup karena perut selalu menolak makanan serta tubuh yang sangat lemah. Kondisi komplikasi paling sering terjadi pada penderita maag yang membuat badan menjadi lebih kurus.

  • Muntah Darah

Muntah Darah

Muntah darah bisa terjadi pada penderita maag kronis yang sudah sangat buruk. Penderita mungkin sudah tidak bisa menerima makanan karena selalu merasa sakit perut, mual dan muntah berlebihan. Lambung membutuhkan makanan untuk diserap sementara luka sudah muncul. Hal ini akan menyebabkan penderita mengalami mual dan muntah darah. Selain itu, pertanda ini bisa menjadi gejala dari kondisi yang lebih berbahaya seperti kanker lambung.