Ciri-Ciri Penderita Penyakit Asam Lambung

Penyakit Asam Lambung

Asam lambung adalah suatu gejala sakit maag dimana lambung terkena luka atau peradangan, karena pola makan yang tidak teratur yang bisa menyebabkan perih dan mual. Hal ini terjadi karena lambung memproduksi asam, untuk mencerna makanan dalam keadaan jadwal yang teratur. Bahkan, saat tidur pun lambung tetap saja memproduksi asam walaupun tidak ada makanan yang harus dihancurkan.

Penyakit asam lambung yang naik ke kerongkongan disebut GERD ( gastroesophageal reflux disease). Ciri-ciri Gejala GERD adalah rasa panas di dada, rasa tidak nyaman saat menelan makanan, dan rasa sakit saat menelan. Gejala tambahannya meliputi serangan asam yang frekuen, batuk lama rekfakter dengan pengobatan, suara serak, mual dan muntah, nyeri dada nonkardiak, dan sendawa.

Dalam jangka panjang, GERD akan menyebabkan komplikasi di daerah kerongkongan, seperti radang, pendarahan, dan penyempitan. Beredarnya cairan lambung di daerah yang tidak seharusnya juga bisa menyebabkan kesulitan menelan, pencetus asma, batuk menahun, bahkan bisa menimbulkan kanker kerongkongan. Jadi, sebaiknya jangan sepelekan penyakit yang diakibatkan oleh asam lambung.

Ciri Ciri Penderita Penyakit Asam Lambung adalah:

  • Munculnya rasa terbakar pada bagian dada

Munculnya rasa terbakar pada bagian dada

Asam lambung memiliki gejala yang bernama reflux, yaitu kondisi dimana asam lambung akan naik dari daerah lambung menuju kerongkongan dan bahkan ke bagian mulut. Hal ini memiliki efek panas dan terbakar pada daerah yang akan dilewatinya. Kenaikan asam lambung tersebut, antara lain adalah bagian dada dan rongga dada.

  • Perut terasa nyeri dan perih

Perut terasa nyeri dan perih

Asam lambung memiliki gejala yang mirip dengan sakit maag. Salah satu gejala yang mirip adalah sama – sama memberikan rasa perih dan nyeri pada bagian lambung. Namun bedanya adalah, rasa nyeri yang disebabkan oleh naiknya asam lambung biasanya akan muncul ketika anda mengkonsumsi makanan tertentu yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung pada tubuh anda.

  • Perut terasa mual dan kembung

Perut terasa mual dan kembung

Salah satu efek lanjutan dari ciri-ciri penderita penyakit asam lambung adalah terasa mual pada bagian lambung dan bagian perut. rasa mual ini akan muncul karena adanya rasa perih dan nyeri pada bagian lambung anda, sehingga seolah – olah bagian lambung terasa begah dan kembung karena naiknya asam lambung. Biasanya mual – mual ini juga akan dirasakan setelah mengkonsumsi makanan yang bersifat asam.

  • Muntah – muntah

Muntah – muntah

Salah satu ciri-ciri naiknya asam lambung adalah akibat muntah – muntah. Berbeda dengan muntah biasa pada umumnya yang terjadi karena efek makanan atau efek dari penyakit lain, biasanya sebelum muntah akan diawali oleh gejala reflux atau naiknya asam lambung ke kerongkongan hingga mulut dan diikuti dengan lambung yang terasa mual dan kembung setelah mengkonsomsi makanan yang memiliki kadar asam yang tinggi.

  • Bersendawa

Bersendawa

Bersendawa merupakan salah satu gejala lanjutan dari reflux atau naiknya asam lambung ke arah kerongkongan hingga mulut. Biasanya, sendawa akan muncul sangat sering dan berulang – ulang terutama dalam jangka waktu dimana asam lambung anda mengalami kenaikan dan belum teratasi. Terkadang gejala ini juga disertai dengan rasa mual dan juga keinginan untuk muntah.

  • Mulut terasa pahit

Mulut terasa pahit

Lanjutan dari gejala reflux yang terjadi pada tubuh penderitanya adalah kondisi mulut yang terasa pahit. Mulut dapat terasa pahit karena efek dari asam lambung yang naik hingga ke mulut, sehingga zat asam akan menimbulkan efek pahit pada bagian mulut.