Cara Untuk Mengurangi Asam Lambung

Makanan untuk Mengurangi Asam Lambung

Banyak orang yang belum mengetahui gejala-gejala sakit asam lambung. Rasa perih dalam lambung atau pada ulu hati adalah sesuatu yang sering disebut dengan asam lambung. Kenyataannya, gejala asam lambung tidak harus selalu terasa perih dulu. Rasa yang tidak nyaman pada lambung atau ulu hati yang disertai dengan mual atau kembung, sering bersendawa, atau cepat merasa kenyang juga merupakan penyebab dari asam lambung. Banyak cara untuk mengurangi asam lambung yang dapat di lakukan. Salah satunya yaitu dengan jalan alternatif atau mengonsumsi obat herbal.

Beberapa contoh cara untuk mengurangi Asam Lambung, sebagai berikut :

  • Air Putih

Air Putih

Mengurangi asam lambung bisa dengan cara meminum air putih yang cukup yaitu dengan 8-10 gelas sehari. Namun, jangan terlalu banyak juga untuk meminum air putih karena hal ini malah akan membuat lambung menjadi lebih cepat penuh dan pada akhirnya akan menyebabkan produksi pada asam lambung semakin meningkat. Oleh sebab itulah, kita harus tetap mengontrol asupan air putih dalam setiap harinya.

  • Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

asam Lambung bisa diatasi yaitu dengan cara menurunkan berat badan. Karena salah satu penyebab dari asam lambung adalah akibat berat badan yang berlebihan. Oleh sebab itulah mengurangi asam lambung naik akibat dari masalah ini adalah dengan melakukan diet serat tinggi dan juga mengonsumsi asupan karbohidrat yang kompleks yang bisa membantu mengontrol gula darah dan membantu membakar lemak di dalam tubuh.

  • Mengkonsumsi Buah Pisang

Mengkonsumsi Buah Pisang

Buah pisang adalah buah yang mengandung banyak kalium. Kalium dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu menyeimbangkan produksi asam lambung. Buah pisang juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi lendir dalam perut sehingga membantu menurunkan kadar asam lambung. Anda bisa mengkonsumsi buah pisang sebelum makan atau saat perut terasa tidak nyaman.

  • Mengkonsumsi Susu Segar

Mengkonsumsi Susu Segar

Susu segar adalah jenis susu yang diolah dari susu murni tanpa campuran. Susu merupakan makanan yang mengandung kalsium sangat tinggi dan bermanfaat untuk menurunkan kadar asam lambung. Selain itu susu juga bisa membuat perut menjadi lebih nyaman, meningkatkan pH dalam saluran pencernaan dan mengurangi kandungan asam lambung yang berlebihan.

  • Mengkonsumsi Buah Apel

Mengkonsumsi Buah Apel

Apel adalah buah yang sangat menyegarkan dan merupakan buah untuk diet yang sangat disarankan. Apel memiliki rasa manis dan asam yang ternyata berkhasiat untuk menurunkan produksi asam lambung. Apel bisa membantu enzim dalam tubuh untuk mengatur produksi asam lambung. Bagi orang yang mengalami masalah dengan asam lambung disarankan untuk makan buah apel sebanyak dua buah perhari.