Cara Menghentikan Pendarahan Wasir

Cara Menghentikan Pendarahan Wasir Penyakit Wasir image 5

5 Cara Menghentikan Pendarahan Wasir

Berendam di air hangat atau sitz bath. Untuk meredakan iritasi, nyeri, dan mengecilkan vena, rendam wasir selama 15-20 menit 3 kali sehari dalam air hangat, bukan air panas. Jika anda tidak ingin merendam seluruh tubuh anda, cobalah sitz bath menggunakan bak plastik di atas dudukan toilet anda. Anda bisa merendam tubuh bagian bawah anda hingga ke pinggul dalam posisi duduk. Berendam seperti ini bisa mengurangi iritasi, ketegangan otot rektal, dan rasa gatal. Anda juga bisa menambahkan ¼ cangkir garam laut ke dalam air rendaman dan duduk di dalam bak mandi selama 30 menit setiap kali berendam. Garam memiliki khasiat sebagai antibakteri dan digunakan untuk membantu penyembuhan luka dan mengusir infeksi. Anda juga bisa menambahkan witch hazel, yang dikenal mampu menenangkan dan mendinginkan wasir. Anda bisa menambahkannya paling tidak satu kali sehari dan berendam di dalamnya selama 15-20 menit.

Berendam di air hangat untuk mengatasi pendarahan wasir

Beri kompres dingin ke wassir. Letakkan kantung es di dalam lemari pembeku hingga membeku. Jangan langsung menempelkan kantung es ke wasir. Bungkuslah kompres dengan handuk bersih sebelum menempelkannya ke wasir dengan lembut. Jangan mengompres wasir dengan kantung es terlalu lama, karena bisa merusak jaringan kulit di sekitarnya. Kompres wasir selama beberapa menit saja, hentikan hingga suhu kulit anda kembali ke suhu ruang, kemudian kompres kembali.

  • Kompres dingin akan membantu meredakan nyeri dan pembengkakan dengan mengurangi peradangannya. Cara ini juga akan menyempitkan pembuluh darah, sehingga menghentikan pendarahan.

Menghentikan Pendarahan Wasir

Oleskan krim topikal. Cobalah krim topikal yang mengandung fenilefrin untuk menyempitkan pembuluh darah sehingga pendarahan bisa dihentikan. Anda juga bisa mengoleskan krim untuk meredakan nyeri, iritasi, dan rasa gatal (yang bisa memicu pendarahan). Namun, ingatlah bahwa hal ini tidak akan menghentikan pendarahan yang terjadi. Krim yang menenangkan meliputi hidrokortison, lidah buaya, witch hazel (ekstrak tanaman herbal), dan vitamin E.

  • Jika anda menggunakan hidrokortison, oleskan di pagi dan malam hari, namun jangan gunakan melebihi satu minggu. Terlalu banyak hidrokortison yang masuk ke dalam tubuh anda dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon hipotalamus/pituitari.

Oleskan krim topikal-cara menghentikan pendarahan wasir

Gunakan tisu toilet yang halus dan jangan menggaruk. Tisu toilet kasar bisa menggores dan/atau semakin mengiritasi kulit. Untuk menenangkan nyeri dan meredakan iritasi, gunakan tisu toilet yang lembap atau mengandung obat-obatan. Anda juga bisa menggunakan tisu basah yang mengandung witch hazel, hidrokortison, lidah buaya, atau vitamin E. Jangan mengusapkan tisu toilet terlalu kasar, karena dapat mengiritasi wasir dan menyebabkan pendarahan semakin parah. Tepuk-tepuk atau tekan lembut tisu ke bagian tersebut.

  • Menggaruk hanya akan memperparah pendarahan dan iritasi, sehingga memperburuk kondisi wasir anda. Hal ini juga bisa memicu timbulnya infeksi.

Cara Menghentikan Pendarahan Wasir

Minum suplemen untuk meredakan pendarahan. Banyak di antara suplemen ini yang mungkin sulit ditemukan di toko obat, jadi cobalah untuk memesannya di internet dan toko obat herbal. Selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan suplemen apa pun, terutama jika anda juga menggunakan obat-obatan lainnya. Jika anda hamil atau menyusui, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter, karena sebagian besar suplemen ini belum diuji keamanannya untuk ibu hamil atau menyusui. Suplemen atau obat tradisional ini meliputi:

  • Ekstrak fargelin: minum obat tradisional Tiongkok ini 3 atau 4 kali sehari untuk memperkuat vena, sehingga pendarahan wasir akan berkurang. Flavonoid oral: bahan ini telah terbukti mampu mengurangi pendarahan, nyeri, gatal, dan kekambuhan. Flavonoid dapat memperkuat pembuluh darah sehingga mengurangi kebocoran pembuluh darah tepi (kapiler). Kalsium dobesilat atau tablet doxium: minum obat ini selama dua minggu sesuai anjuran yang tercantum dalam kemasannya. Obat ini diketahui mampu mengurangi kebocoran pembuluh darah tepi (kapiler), mencegah penggumpalan darah, dan memperbaiki kekentalan darah. Semuanya dapat mengurangi pembengkakan jaringan yang menyebabkan wasir.

Minum suplemen untuk meredakan pendarahan wasir