Cara Mencegah Keriput Pada Wajah Secara Alami

Keriput terjadi bukan hanya pada orang tua saja, akan tetapi pada anak muda juga bisa misalnya terjadi penuaan dini. Keriput pada muka atau wajah sangat membuat anda tidak nyaman ketika berpenampilan, Keriput terjadi bukan karena usia anda saja yang bertambah akan tetapi salah satu faktor lain yang menjadi penyebab terjadinya keriput pada wajah yaitu sinar matahari dan juga makanan yang tidak sehat.

Keriput ini bisa di cegah, yaitu ada delapan (8) tips untuk mencegah terjadinya keriput pada wajah anda, yakni sebagai berikut:

Produk perawatan anti aging yang mengandung antioksidan

  1. Lindungi dari sorotan Sinar Matahari secara langsung atau berlebihan

Ketika anda mau keluar rumah pada siang hari, maka gunakanlah terlebih dahulu sun block 20 atau 30 menit sebelum keluar rumah, karena Sinar Matahari yang sangat terik merupakan penyebab utama terjadinya keriput pada wajah dan juga diusahakan jangan terlalu lama terkena sinar matahari.

  1. Perbanyak minum Air putih

Agar kulit kita selalu kenyal dan juga elastis, maka kulit kita membutuhkan air yang cukup. Oleh karena itu disarankan untuk selalu meminum air putih yang cukup yang berguna untuk mencegah terjadinya keriput pada wajah, yang diakibatkan karena kulit kekurangan cairan.

Tidak memenuhi kebutuhan air

  1. Berhentilah untuk merokok

Merokok juga dapat menjadi penyebab penuaan dini, karena dengan merokok tubuh akan kekurangan aliran darah serta kandungan gizi ke kulit. Maka sangat disarankan agar anda berhenti merokok agar kulit anda tetap elastis dan lembab.

  1. Istirahat atau Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat menyebabkan tubuh memproduksi kortisol berlebih–hormon yang dapat memecah sel-sel kulit. Oleh karena itu istirahat dan tidurlah yang cukup, karena dengan tidur yang cukup tubuh akan memproduksi human growth hormone (HGH) yang dapat membuat kulit kenyal, selalu elastis, dan tidak gampang keriput.

Cukup istirahat dan hindari begadang

  1. Posisi Tidur berbaring

Mengapa disarankan untuk tidur degan posisi berbaring? karena tidur dengan posisi menyamping dengan pipi yang menempel dan juga tertekan di bantal dapat menimbulkan kerutan atau ‘retakan’ di kulit wajah anda.

  1. Konsumsilah atau makan makanan yang sehat

Konsumsilah makanan yang mengandung antioksida misalnya seperti sayur-sayuran, buah-buahan dan juga kacang serta biji-bijian. Kandungan pada makanan tersebut dapat mencegah terjadinya penuaan dini.

makan makanan yang sehat

  1. Diusahakan tidak terlalu stres

Karena Stres dapat menciptakan terbentuknya hormon seperti kortisol yang bisa mengurangi jaringan otot di bawah kulit. Yang mengakibatkan kulit menjadi tipis yang rentan akan keriput.

  1. Pakailah Pelembab

Karena dengan pelembab Kulit akan selalu terasa lembab dan terlihat lebih baik. Oleh karena itu garis-garis dan retakan kulit tak akan tersamarkan.
Faktor yang Menyebabkan Munculnya Keriput

Genetik
Faktor keturunan atau genetik akan berpengaruh terhadap lebih cepat atau lebih lambatnya proses penuaan seseorang.

Kurang Tidur
8 jam sehari adalah waktu ideal yang diperlukan untuk tidur.

Jarang Olahraga
Salah satu manfaat berolahraga adalah untuk memperbaiki kulit dan melindunginya dari resiko kanker kulit. Cobalah untuk sering berolahraga seperti senam aerobik sebanyak beberapa kali dalam seminggu.

Junk food

Pola Makan Tidak Sehat
Perhatikanlah pola makan anda agar kulit tetap sehat.

Penggunaan Produk Kosmetik

Berhati-hatilah menggunakan produk kosmetik, karena kandungan kimia di beberapa produk kosmetik akan membuat kulit wajah rusak dan menimbulkan keriput.

Sinar Matahari
Jika anda berada terlalu lama di bawah sinar matahari, ini akan menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam, serta munculnya keriput di wajah anda. Maka gunakanlah tabir surya untuk menangkal paparan sinar matahari.

Dehidrasi atau Kekurangan Cairan
Dengan berkurangnya cairan dalam tubuh, maka tubuh tidak mampu memberikan kelembaban bagi kulit. Dengan berkurangnya kelembaban di kulit tersebut tentunya akan menyebabkan kulit lebih cepat kering dan keriput.