Bahaya Penyakit Lupus

Cara Mengatasi Sakit Maag secara Alami Penyebab Sakit Maag image 6

Waspada, Inilah Bahaya Penyakit Lupus

Penyakit lupus atau disebut juga dengan istilah penyakit seribu wajah merupakan salah satu jenis penyakit yang paling mengerikan karena hingga kini belum ditemukan obat untuk penyakit lupus. Adapun penyebutan lupus sebagai penyakit seribu wajah lebih karena penyakit ini menimbulkan gejala-gejala yang menyerupai penyakit lain. Sehingga membuatnya tidak terdeteksi sebagai lupus, kecuali dilakukan pemeriksaan spesifik. Gejala khusus yang ditemukan pada penderita lupus diantaranya adaah butterfly rash atau ruam kupu-kupu, yakni ruam yang atau kulit berwarna kemerawan di sekitar hidung dan pipi dengan bentuk menyerupai kupu-kupu, ruam ini akan semakin parah saat terkena sinar matahari.

butterfly rash-Penyakit lupus

Penyakit lupus sendiri termasuk dalam kategori penyakit autoimun, yakni penyakit yang menyebabkan sel imun menyerang jaringan tubuh sendiri atau dengan kata lain, penderita menjadi alergi terhadap dirinya sendiri. Penyakit lupus juga akan mengakibatkan terjadinya peradangan kronis pada persendian yang dapat memepengaruhi organ tubuh seperti sendi, darah, kulit hingga ginjal. Bahaya penyakit lupus sangat serius karena imunitas akan menyerang balik tubuh penderita  yang dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan serius bahkan dapat mengancam jiwa pasien. Apalagi penyakit lupus sendiri hinga kini belum ditemukan obatnya. Selain itu lamanya masa pemulihan pada pnderita lupus juga seringkali membuat penderita lupus atau odapus merasa putus asa dan menyerah.

Penyakit lupus sendiri dibagi menjadi 3 jenis yakni:

Cutaneus Lupus

  1. Cutaneous Lupus

Ini adalah lupus yang paling ringan dan hanya menyerang bagian kulit saja dan tidak sampai pada organ penting dalam tubuh.

  1. System lupus erythematosus

Ini adalah penyakit lupus yang menyerang beberapa organ tubuh bagian dalam seperti ginjal, darah, jantung, syaraf hingga otak.

System lupus erythematosus

  1. Drug induced lupus

Ini adalah penyakit lupus yang disebabkan karena konsumsi obat yang mengandung zat kimia tertentu. Pada penderita drug induced lupus ini  biasanya dapat disembuhkan dengan menghentikan konsumsi obat tersebut.

Meskipun penyakit lupus sangat berbahaya karena lamanya waktu pemulihan dan berbagai resiko kerusakan organ yang bisa diakibatkan oleh penyakit ini, namun penyakit ini tidak menular, karena itu tidak perlu khawatir saat harus berinteraksi dengan odapus. Beberapa penyakit lupus disebabkan oleh faktor kompleks yang meliputi genetic, lingkungan, hormonal dan konsumsi obat tertentu.

Drug induced lupus

Karena besanya bahaya penyakit lupus, maka sangat penting untuk melakukan pencegahan sejak dini. Karena jika tidak, penyakit lupus akan mengancam jiwa penderita. Adapun berbagai komplikasi atau bahaya yang mungkin terjadi pada odapus yang tidak mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat diantaranya adala:

  1. Gangguan pencernaan yang menjadikan penderita lupus mengalami masalah pencernaan serius. Hal ini karena organ pencernaan tidak dapat berfungsi dengan baik atau terganggu karena aktivitas sel darah putih yang justru menyerang jaringan sehat pada tubuh.
  2. Kulit menjadi sangat sensitive, terutama ketika terkena sinar matahari yang akan berdampak pada terhambatnya segala aktivitas pada odapus.
  3. Penyakit lupus juga biasanya disertai dengan anemia yakni berkurangnya sel darah merah yang mengakibatkan para odapus selalu merasa lesu dan letih, bahkan meski tidak melakukan aktivitas apapunBerkurangnya sel darah merah yang mengakibatkan para odapus selalu merasa lesu
  4. Penyakit lupus juga menyerang berbagai organ dalam tubuh, mempengaruhi hormon dan bahkan neurophaty.
  5. Dapat memicu terjadinya pembekuan darah yang memahayakan jiwa odapus.
  6. Dapat memicu terjadiya gangguan pernapasan, termasuk rasa nyeri di dada saat bernapas
  7. Bahaya penyakit lupus lainnya adalah bahwa penyakit lupus juga dapat memicu terjadinya kerusakan pada ginjal, jantung, hati, otak dan organ penting lainnya.