Ambeien Stadium 4 dan Cara Meringankan Nyeri Ambeien

Ambeien Stadium 4 dan Cara Meringankan Nyeri Ambeien Penyakit Wasir image 3

Ambeien Stadium 4 dan Cara Meringankan Nyeri Ambeien

Penyakit Ambeien terjadi akibat pembengkakan pada pembuluh darah di anus yang mengalami pelebaran sehingga menyebabkan aliran darah terhambat untuk menuju ke jantung, yang lambat laun akan terjadinya pembengkakan dan akan menimbulkan tonjolan di anus. Jika kotoran ini keras dan sulit untuk dikeluarkan yang menyebabkan saat kita BAB dengan mengejan terlalu kuat akan membuat terjadinya pendarahan karena tonjolan atau benjolan tadi akan mengalami luka dan bisa menyebabkan munculnya pendarahan akan menimbulkan rasa nyeri disaat BAB. Ambeien atau wasir sangat rawan menyerang kaum wanita di bandingkan dengan kaum pria, karena wanita lebih sering mengalami pelebaran pembuluh balik atau pembuluh vena pada saat menstruasi atau hamil.

Penyakit Ambeien

Dalam beberapa kasus, ambeien disebabkan oleh kesalahan dalam melakukan gerakan pada olahraga tertentu misalnya pada olahraga angkat beban atau olahraga pernapasan, terlalu banyak duduk atau berdiri, faktor genetika (keturunan), mengejan terlalu keras saat buang air besar (biasanya akibat konstipasi) dan dapat terjadi juga pada wanita hamil. Tetapi umumnya, penyebabnya adalah karena mengejan terlalu keras saat buang air besar dan terlalu banyak duduk atau berdiri, juga lebih rawan terjadi pada wanita daripada pria. Itu disebabkan karena wanita lebih sering mengalami pelebaran pembuluh balik atau pembuluh vena (misalnya saat menstruasi atau hamil) dibandingkan pria.

Ciri-ciri penyakit Wasir atau Ambeien

  • Mengalami pendarahan dubur dengan warna darah merah muda yang menetes atau mengalir lewat lubang dubur / anus.
  • Merasa ada ganjalan pada anus ketika bab sehingga penderita akan ngeden / mengejan yang bisa memperparah wasirnya.
  • Anus akan terasa gatal akibat virus dan bakteri yang membuat infeksi.

Penyebab dari ambeien

Gejala awal munculnya wasir atau ambeien terbagi menjadi 4 stadium :

  • Stadium 1 : Tonjolan masih kecil dan belum keluar. Gejalanya darah menetes setiap selesai buang air besar.
  • Stadium 2 : Tonjolan sudah keluar dengan ukuran sedang. Dengan gejala jika selesai buang air besar, tonjolan keluar namun akan masuk kembali saat penderita berdiri.
  • Stadium 3 : Ukuran tonjolan sudah lebih besar. Gejalanya selesai buang air besar tonjolan keluar dan tidak akan masuk lagi kecuali didorong dengan tangan.
  • Stadium 4 : Tonjolan sudah sebesar bola tenis. Tonjolan ini tidak dapat masuk kembali meski sudah didorong dan harus dioperasi. Pada wasir luar, kulit sudah menutupi pembuluh darah dan berada di luar anus hingga gampang terlihat. Gejala umum wasir luar adalah rasa sakit atau nyeri dikarenakan pembuluh darah yang pecah. Darah yang pecah tidak keluar namun berkumpul menjadi trombus atau darah beku.

ambeien stadium 4

Gejala Dari Ambeien 

  1. Di sekitar anus terdapat bintil – bintil berwarna merah kebiru-biruan
  2. Di dalam anus terasa gatal, panas dan pedih .
  3. Keluar lendir atau darah ketika buang air besar .
  4. Terasa sakit ketika mengejan (ngeden) saat BAB
  5. Kadang terasa sakit di punggung bagian bawah.

Penyebab Dari Wasir/Ambeien:

Sejumlah faktor dapat menyebabkan formasi dari ambeien termasuk kebiasaan buang air besar tidak teratur (konstipasi atau diare), olahraga, nutrisi (diet rendah serat), peningkatan tekanan intra-abdomen (berkepanjangan tegang), genetika, tidak adanya katup dalam vena hemoroid, dan penuaan.

Keturunan penderita wasir

Faktor lain yang dapat lain yang dapat menyebabkan wasir diantaranya adalah :

  1. Terlalu lama duduk ( duduk seharian )
  2. Menderita diare yang lama  ( diare yang tidak kunjung sembuh )
  3. Adanya perubahan hormon esterogen yang meningkat pada wanita hamil
  4. Karena faktor keturunan dari penderita wasir
  5. Melakukan hubungan sex yang tidak lazim

Pantangan makanan bagi penderita Ambeien yaitu :
Buah Durian, Buah Salak, Makanan yang bersantan, Cabai, Minuman beralkohol dan bersoda, makanan yang terlalu pedas, terlalu asam, makanan olahan, makanan yang berlemak, dan makanan serta minuman yang terlalu panas.

Pantangan makanan bagi penderita Ambeien